Welcome to My Blog Enjoy it!!

Rabu, 09 November 2011

membuat CD Installer Windows XP

Aduh judulnya membingungkan nih, tapi semoga setelah membaca isinya gak tambah bingung. weee

Ok, sesuai dengan judul di atas kali ini kita akan mencoba membuat CD Installer Windows XP yang sudah di bongkar-pasang sehingga nantinya kita tidak repot lagi memasukkan serial number, setting waktu, network, dll. CD installer ini sangat berguna buat teman-teman yang sering menginstallkan sistem operasi khususnya Windows XP.

Terus terang, saya sangat terbantu sekali, dengan adanya CD installer yang sudah terupdate + diotak-atik ini, kerjaan saya menjadi sedikit lebih terbantu. hohohoho Lumayan lah, sambil install PC/Laptop kita bisa ngerjain sesuatu di PC/Laptop lainnya apalagi kalo pas banyak klien. manthab


Oiya, kalo gak salah, saya sudah pernah posting tentang membuat Windows XP Terupdate ini postingannya http://sulae.blogspot.com/2010/08/membuat-installer-windows-xp-paling.html. Jadi alangkah baiknya sebelum masuk ketahap ini Anda sudah membaca artikel saya tersebut. Jadi, kalo Anda sudah paham dengan artikel sebelumnya, untuk tutorial ini menjadi lebih mudah. Selain itu juga hasilnya akan lebih maknyus, karena selain otomatis, Windows XP yang Anda bikin juga paling update. Kan keren tuh bersiul

Di sini saya anggap anda sudah punya aplikasi inlite, windows XP SP3 Original dan update-nya (sesuai dengan postingan sebelumnya), serta Anda sudah bisa untuk membuatnya sesuai dengan postingan saya sebelumnya di sini.

Adapun dalam contoh ini adalah
  1. Saya tidak menggunakan driver SATA seperti pada postingan saya sebelumnya.
  2. Driver tidak saya otak-atik, saya biarkan tidak tidak dirubah, biar nanti saya install manual saja.
  3. Menggunakan update terbaru
  4. IE 8 juga saya integrasikan langsung
  5. Windows Media Player 11 juga saya update
  6. WGAN juga saya update
  7. Instalasi berjalan otomatis, kecuali tahap awal dan pemartisian.
Tahap Persiapan
  1. Siapkan semua bahan-bahan yang diperlukan
  2. Install Aplikasi nlite bisa ada baca di sini
  3. Install juga aplikasi WMP11 Slipstreamer
  4. Jangan lupa update-an terbaru Windows XP udah terpersiapkan
Tahap Pertama
  1. Masukkan CD installer Windows XP Sp3 original (alias belum diapa-apain) kedalam CD/DVD-ROM dan copy-paste semua yang ada di dalam CD tersebut ke sebuah folder di hardisk Anda.
  2. Kalo seandainya Anda tidak mempunyai CD installer-nya tapi mempunyai file iso-nya saja, maka anda dapat melakukannya dengan menggunakan daemon tools, silahkan add image ke dalam virtual drive. Kemudian lakukan seperti langkah 1.
Tahap Kedua
  1. Buka aplikasi inlite-nya, kemudian pada tahap seperti di bawah, silahkan anda cari folder tempat anda mencopy-paste installer windows XP tadi seperti pada tahap pertama.
  2. Pada posisi ini silahkan anda next saja
  3. Task selection, silahkan pilih apa saja yang diperlukan dalam pengerjaan ini, berhubung kita pengen supaya Windows menjadi Update, otomatis, dan hasil akhir berupa installer yang siap burning (file dalam bentuk .iso) maka pilih lah sesuai gambar di bawah
  4. Jika Anda sudah berada dalam posisi di bawah, silahkan tekan tombol insert dan cari update-an Windows, IE8, dan WMP11 yang ingin diintegrasikan tadi. Setelah selesai silahkan tekan next
  5. Oke sekarang kita masuk dalam tahap unattended, dimana pada posisi inilah kita bisa membuat installer menjadi otomatis.

    Pada tab general, silahkan isi sesuai gambar berikut
    PS: Kalo yang anda gunakan windows XP SP3 ori silahkan pakai serial number berikut H689T-BFM2F-R6GF8-9WPYM-B6378

    Sekarang silahkan beralih ke tab user, silahkan isi seperti gambar di bawah (pengisian tidak mutlak, dapat diubah sesuai selera)

    Tab Owner and Network ID

    Tab Regional, ubah time zone-nya saja, berhubung di tempat saya +8 maka saya sesuaikan saja.

    Automatic Updates, saya disable kan, tergantung selera. Jika sudah selesai tinggal tekan next

    Oke, saya cukup mengkonfigurasinya sampai sini, jika anda pengen lebih lagi, silahkan dioprek sendiri.
  6. Do you want to start the process? Tekan Yes dan tinggal tunggu sampai proses ini selesai
  7. Jika anda proses pengintegrasian selesai, maka silahkan tekan Next
  8. Oke pada posisi ini Anda jangan langsung menekan Next, tapi tekan saja tombol make iso, dan silahkan ubah label-nya menjadi GRTMPVOL_EN, sesuai gambar berikut
  9. Setelah ditekan tombol make iso tadi, silahkan simpan installer anda, namanya disesuaikan, misalnya simpan dengan nama, Win XP SP3 Auto Dec 2010
  10. Tunggu sampai proses selesai, terakhir tekan next, dan finish
  11. Selesai, Windows XP SP3 Update + Automatic sudah selesai di bikin
Gimana? gak susah kan? Ok deh semoga artikel ini dapat bermanfaat, kalo ada masalah bisa kita diskusikan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar